Senin, 24 Oktober 2011

123456789

Ms. Word 2007


MENGENAL MS. WORD 2007
Untuk urusan mengetik naskah, kebanyakan dari kita lebih menyukai Microsoft Word, meskipun banyak aplikasi yang bias digunakan, bahkan ada juga yang gratis. Mungkin karena program ini lebih praktis dan mudah digunakan.
Seperti versi sebelumnya, Microsoft Word 2007 juga terinstal dalam satu paket Microsoft Office 2007. Jika Anda sudah menginstalnya, untuk menjalankn program tersebut cukup dengan mengklik Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007.
Mengenal Tampilan Ms. Word 2007
Jika pada versi sebelumnya kita lebih mengenal toolbar, pada Ms. Word 2007 kita akan sering menyebutnya ribbon. Tidak akan terlalu lama beradaptasi dari versi sebelumnya karena hanya memindahkan struktur menu ke dalam bentuk toolbar.


MENGENAL OPERASI DASAR MS. WORD 2007
Membuat Dokumen Baru
Jika tanpa melakukan pengaturan apapun, saat pertama kali membuka Ms. Word 2007, Anda akan langsung disediakan dokumen baru berupa satu lembar kertas kososng yang siap untuk untuk diketik. Caranya, klik tombol Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007
Namun, bila sedang bekerja dan ingin membuat dokumen baru, Anda cukup menekan Ctrl + N. Dokumen baru keluar dan Anda bias langsung bekerja dengan Ms. Word 2007.
Menyimpan dan Menutup Dokumen
Setelah selesai bekerja, tentu Anda ingin menyimpan dokumen tersebut kemudia menutupnya. Untuk menyimpannya dapat dilakukan dengan langkah berikut.
1. Klik Office Button > Save As > Word Document
2. Ketika nama file lalu klik Save
Secara default, Ms. Word 2007 akan menyimpan dokumen Anda dengan tipe format Word Document (.docx). Anda juga bias memilij format lain, seperti .doc, .html, .rtf dan yang lainnya pada bagian Save As type
Jika proses penyimpanan dilakukan ketika masih bekerja, untuk menyimpannya kembali, Anda cukup menekan tombol Ctrl + S. Aktivitas tersebut untuk menyimpan dengan nama file yang sama. Jika ingin berbeda, ikuti kembali langkah dari pertama.
Jika udah selesai, klik tombol X yang berada di pojok kanan atas halaman untuk menutup jendela atau klik tombol Office > Close.
Jika pekerjaan terakhir belum disimpan, akan ada konfirmasi utuk menyimpan file, klik Yes, bila ingin menyimpan atau klik No, bila tidak, klik Cancel untuk membatalkan menutup aplikasi.
Membuka Dokumen yang Telah Dibuat
Beberapa dokumen mungkin telah Anda mkliki, termasuk dokumen pada versi sebelumnya. Meskipun ekstensinya berbeda, tetapi dokumen pada versi pendahulunya tetap bias dibuka di Ms. Word 2007. Berbeda sebaliknya, ekstensi yang digunakan di Ms. Word 2007, tidak bias dibuka pada versi sebelumnya. Untuk membuka dokumen, caranya sebagai berikut:
1. Buka Ms. Word 2007
2. Klik Office Button > Open (Ctrl + O)
3. Pilih dokumen yang akan dibuka lalu klik Open.
Dokumen langsung terbuka dan anda bias melanjutkan pekerjaan.


MEMULAI BEKERJA DENGAN MS. WORD 2007
Saat bekerja (mengetik), kenyamanan sangat diperlukan. Alngkah baiknya, Anda atur dulu area kerja sebelum melakukan aktivitas lainnya, terutama ukuran kertas dan margin. Jika dilakukan di akhir pekerjaan, akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menyesuaikan posisi dokumen.
Mengubah Satuan
Sebelum mengubah ukuran kertas, karena kita terbiasaa dengan satuan centimeter (cm), sebaiknya diubah dulu ke satuan tersebut, karena pertama kali menginstal, satuan dalam inchi. Cara mengubahnya sebagai berikut:
1. Klik Office Button > Word Options
2. klik Advanced
3. Ubah satuan ke centimeter pada grup Display
4. Klik OK
Mengatur Ukuran Kertas dan Margin
Secara umum, kita menggunakan ukuran kertas A4. namun, sebaiknya jadikan ukuran ini sebagai ukuran default sehingga setiap membuat dokumen baru, akan langsung pada ukuran ini. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Page Layout
2. Klik tombol panah kecil pada grup Page Setup
3. Tentukan margin
4. Klik Paper lalu pilih A4 pada Paper Size
5. Klik Default
Mengatur Orientasi Kertas
Mungkin Anda perlu mengubah orientasi kertas dari portarait ke landscape (memanjang). Hal ini bias Anda lakukan dari awal halaman maupun ditengah halaman. Cara mengubahnya adalah sebagai berikut:
1. Klik Page Layout
2. Klik Orientation lalu klik Landscape


MENGATUR FORMAT TEKS DAN PARAGRAF
Mengatur format teks maupun paragraph biasanya dilakukan setelah mengetik beberapa paragraf. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah mengaturnya karena bias dilihat langsung bentuknya akan seperti apa.
Mengatur Format Teks
Secara default, Ms. Word 2007 menggunakan font calibri. Sebenarnya font ini cukup bagus. Namun, kadang ada aturan yang harus kita penuhi untuk membuat suatu tulisan tertentu, seperti karya tulis, makalah dan sebagainya. Kita bisa mengubahnya dengan mudah karena pengaturan font tetap diletakkan dibagian depan (ribbon Home).
Mengatur huruf (font)
Untuk tugas makalah, skripsi atau karya tulis lainnya, mungkin tidak memerlukan pengaturan font yang terlalu rumit. Anda bias mengubahnya dengan mudah. Caranya sebagai berikut:
1. Sorot teks yang akandiubah
2. Pilih jenis font yang diinginkan pada ribbon Home
3. Pilih ukuran font
Jika membutuhkan pengaturan lebih lanjut, klik tanda panah pada grup font (Ctrl + D). Atur sesuai kebutuhan. Klik OK jika sudah selesai.
Mengatur Susunan Karakter
Ketika membuat judul bab atau sub-bab, biasanya huru pertama setiap kata menggunakan capital. Jika kita belum membuatnya seperti iu, bias diubah dengan cara sebagai berikut:
1. Sorot judul bab
2. Pilih Capitalize Each Word pada Change Case
Selain cara di atas, bias juga dengan menekan tombol kombinasi Shift + F3
Mengatur Format Paragraf
Jika sebelumnya sudah tahun format paragrafnya seperti apa, mungkin dari awal sudah ditentukan. Jika kita terbiasa menulis terlebih dahulu dan mengaturnya setelah selesai, perlu disesuaikan dengan kebutuhan atau aturan yang telah ditentukan untuk membuat tulisan tersebut.
Mengatur Perataan paragraph
Pada kondisi standar, perataan (alignment) paragraph pada Ms. Word 2007 adalah rata kiri. Namun, kita bias mengubahnya sesuai kebutuhan, missal membuat tulisab rata kiri-kanan (justify). Untuk mengubahnya, ikuti langkah berikut:
1. Seleksi teks yang akan Anda atur paragrafnya.
2. Klik Justify (Ctrl + J)
Mengatur Spasi Antar Baris
Untuk mengatur kerapatan antar baris kita bias mengatur spasinya. Fasilitas ini juga sudah disediakan pada tab ibbon, sehingga kita tidak perlu membuka jendela paragraph untuk mengaturnya. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan Anda atur
2. Pilih spasi yang dinginkan
Mengatur Spasi Antarparagraf
Memang jarang dilakukan,tetapi barangkali Anda ingin mengetahuinya. Selain bias mengatur spasi antarbaris, kita juga bias mengatur spasi antarparagraf, sehingga antara paragraph satu dengan lainnya terlihat lebih renggang. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi paragraph yang akan diatur
2. Klik ikon spasi lalu klik Add pace After paragraph. Untuk menguranginya, klik Remove Space Before paragraph.
Mengatur Identasi
Ketika membuat bullet and numbering, biasanya paragraph terlalu menjorok ke tengah. Kita bisa mengaturnya pada fasilitas identasi. Caranya sebagai berikut:
1. Sorot paragraph yang akan diatur
2. Klik Decrease atau Increase pada ikon Indent
Bisa juga dengan menggeser menggunakan ruler.
Selain dua cara di atas, kita juga bias mengaturnya dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik page layout
2. Ubah angka sesuai kebutuhan
Mengatur Tabulasi
Kita bias mengatur jarak pergerakan tab agar ketika kitamenekan tombol tab, akan berhenti langsung pada jarak yang kita tentukan. Hal ini dilakukan supaya kita tidak terus-menerus menekan tombol spasi atau tombol tab pada keyboard. Cara mengaturnya sebagai berikut:
1. Klik dua kali pada ruler
2. Tentukan jarakuntuk menghentikan tab
3. Pilih Alligment
4. Klik Set
5. Klik OK


MENGATUR FORMAT LEBIH LANJUT
Masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengatur format, baik teks, paragraph, maupun halaman. Pada bab ini akan dibahas lebih lanjut mengenai format yang sering digunakan ketika membuat sebuah dokumen.
Menambahkan Nomor Halaman
Ketika membuat karya tulis maupun naskah buku, biasanya kit memberi nomor halaman. Kita bias langsung menentukan dan mengetahui posisi nomor halaman yang kita siapkan. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Insert
2. Klik Page Number
3. pilih posisi
4. pilih lagi posisi yang Anda inginkan
Membuat Border and Shading
Paragraf atau halaman yang kita buat bias kita hiasi menggunakan border and shading. Border memberi batas atau bingkai di pinggir paragraph maupun halaman, sedangkan shading untuk memberi warna latar pada paragraph maupun halaman.
Membuat Border
Sebagai contoh, kali ini kita akan memberi batas pada sebuah paragraph. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi paragraph yang ingin diberi border
2. Klik ribbon Home
3. Klik tanda panah pada ikon border (grup Paragraph)]
4. Klik Brders and Shading
5. Pilihlah border yang Anda inginkan
6. Klik OK
Membuat Garis Pembatas Halaman
Selain paragraph, kitajuga bias memberi pembatas pada halaman. Biasanya hal ini dilakukan bila kita akan membuat sampul buku atau karya tulis yang dibuat.
Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik ribbon page Layout
2. Klik Page Borders
3. Pilih Setting
4. Pilih Layout
5. Pilih Art
6. Klik OK
Secara otomatis, tampilan halaman akan berubah sesuai pengaturan yang telah Anda buat.
Membuat Garis Mendatar
Selainmembatasi nseluruh sis paragraph, kita juga bias memberi batas berupa satu garis. Biasanya sering dilakukan pada judul sebuah dokumen atau membuat kop surat. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
1. Letakkan kursor pada tempat yang akan diberi garis mendatar
2. Klik Page Borders

Tidak ada komentar:

Posting Komentar